Sumber daya informasi perusahaan adalah serangkaian kondisi tertentu yang menganggap informasi tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, dan dengan kondisi-kondisi sebagai berikut :- Bahwa untuk mencapai keunggulan kompetitif sangat diperlukan informasi yang efektif dan berguna
- Bahwa perusahaan sangat menyadari jasa informasi sebagai alat bagi suatu area fungsional utama
- Bahwa konsentrasi terhadap informasi mampu menciptakan perencanaan strategi yang matang
- Bahwa seluruh keputusan manajemen puncak tidak bisa mengabaikan informasi yang ada
- Bahwa melalui informasi yang benar, dan akurat dapat mendorong/ membantu end-user dalam bekerja
Dikatakan lingkungan perusahaan adalah sebagai bagian dari eksternal perusahaan terhadap kebutuhan informasi memuat hal-hal seperti :
- Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi faktor-faktor produksi
- Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi pasar
- Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi investasi
- Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi trend
- Faktor lingkungan yang dapat mempengaruhi peraturan baru
Bagaimana dengan intergritas informasi? - Keuntungan utama dari integrasi sistem informasi adalah membaiknya arus informasi dalam sebuah organisasi. Suatu pelaporan biasanya memang memerlukan waktu, namun demikian akan semakin banyak informasi yang relevan dalam kegiatan manajerial yang dapat diperoleh bila diperlukan. Keuntungan ini merupakan alasan yang kuat untuk mengutamakan sistem informasi terintegrasi karena tujuan utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. Keuntungan lain dari pengintegrasian sistem adalah sifatnya yang mendorong manajer untuk membagikan/ mengkomunikasikan informasi yang dihasilkan oleh departemen (bagian) nya agar secara rutin mengalir ke sistem lain yang memerlukannya. Informasi ini kemudian digunakan lebih luas untuk membantu organisasi.
Intinya, di dalam upaya peningkatan kualitas hidup dan kelangsungan hidup perusahaan membuat manajemen semakin menuntut keinginan untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Sumber daya informasi yang saat ini terwujud ke dalam teknologi informasi dan komunikasi yang perkembangannya begitu cepat, maka secara tidak langsung mengharuskan manajemen untuk menggunakannya dalam segala aktivitas perusahaan mereka (seluruh departemen/ divisional).
Lemahnya memahami dan keinginan untuk berubah, maka budaya lama perusahaan seperti inilah yang dapat menghambat kemajuan dan perkembangan kreatifitas perusahaan untuk mencoba hal-hal baru, serta mampu beradaptasi terhadap kondisi di luar yang selalu berubah-ubah yang pada akhirnya menurunkan tingkat keberhasilan dan professional perusahaan di masa yang akan datang, baik secara manajerial maupun di mata para pesaingnya.
Semoga bermanfaat,.
by Muka2 bloG Editorial



0 Dikomentari:
Posting Komentar
# Terima kasih atas kunjungannya ke Pojok Jurnalis, silakan berkomentar dengan sopan, dan semoga bermanfaat untuk Anda selalu